Sabtu, 03 Agustus 2013

MANFAAT NITROGEN PADA BAN MOTOR

Ban adalah salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor. Kualitas dan kuantitas yang mengisi ban tersebut juga penting untuk diperhatian. Beberapa orang awam yang belum tahu manfaat angin nitrogen, menganggap mengisi angin ban dengan nitrogen hanya membuang- buang uang, toh isi sama- sama angin. Tapi perlu di ketahui, dengan harga yang memang sedikit lebih mahal dari angin biasa, manfaat nya ternyata banyak bro.

Manfaat Nitrogen pada Ban Motor

Beberapa kelebihan angin nitrogen:
- Stabil saat ditikungan :)
Dengan menggunakan nitrogen, maka tekanan angin ban akan menjadi lebih stabil. Hal ini dikarenakan partikel molekul nitrogen lebih besar dari molekul oksigen. Sehingga dengan begitu lebih sulit untuk keluar dari pori-pori ban.
- Handling nyaman (kecuali pake ban cacing) :D
Telapak ban ke permukaan jalan lebih lebar (merata) hal ini membuat kendaraan lebih stabil dan mudah di kendalikan. Tentunya berkendara lebih aman dan nyaman baik di kondisi jalan kering maupun basah.
- Temperatur ban Ademmm (maknyess)
Suhu nitrogen lebih rendah dari oksigen. Dengan menggunakan angin nitrogen suhu udara dalam ban menjadi lebih stabil. Dalam perjalanan jauhpun suhu ban tetap stabil, sehingga terhindar dari resiko ban meledak karena kepanasan.

- Umur ban lebih Awet
Beberapa pabrik ban juga berpendapat bahwa penggunaaan angin nitrogen pada ban bisa meningkatkan umur ban hingga 25 %. Dengan suhu yang stabil, umur ban tentunya akan meningkat. Ban tidak mudah memuai dan benjol karena suhu yang tinggi. Jika menggunakan oksigen dapat menyebabkan karet ban menjadi cepat tua dan keras karena proses oksidasi. Apalagi kalau ditambah dengan kualitas karet ban yang kurang baik.
- Anti karat :D
Karena oksigen mengandung air juga dapat membuat velg berkarat, terutama velg standard yang terbuat dari besi. Sedangkan nitrogen dapat menjaga velg agar tetap awet dan terawat.
- Tidak bau kentut :D
Ciri lain dari nitrogen adalah tidak berbau. Jadi saat ban dibuka juga tidak berbau. Sedangkan ban yang menggunakan oksigen akan memiliki kondisi dalam ban lembab/basah. Sehingga saat angin dari dalam keluar maka akan tercium bau busuk.
- Hemat Angin :P
Dengan menggunakan nitrogen, maka tekanan angin ban akan menjadi lebih stabil. Hal ini dikarenakan partikel molekul nitrogen lebih besar dari molekul oksigen. Sehingga dengan begitu lebih sulit untuk keluar dari pori-pori ban. Jadi tidak perlu sering- sering isi angin.
Lumayan banyak kan manfaat angin nitrogen, buat juragan yang ingin berpindah dari angin oksigen ke angin nitrogen, sekarang banyak stand- stand yang melayani pengisian angin nitrogen.  murah cuma 10rb (set depan-belakang)
Lakukan pengisian di bengkel maupun stand yang berpengalaman ya.. :D
Semoga bermanfaat ^_^



0 komentar :

Posting Komentar